Evaluasi Kepuasan Pengguna untuk Aplikasi Flip di Kota Jambi menggunakan Metode E-Servqual
Keywords:
Analisis, Flip, E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, SPSSAbstract
Perubahan zaman dan kemajuan teknologi menghadirkan peluang transaksi keuangan online dengan aplikasi Flip, platform transfer antar bank tanpa biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak kualitas layanan Flip dan sejauh mana pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini mencakup populasi pengguna aplikasi Flip di Kota Jambi, dengan sampel sebanyak 384 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, menekankan pentingnya Flip dalam memfasilitasi transfer antar bank yang lancar tanpa tambahan biaya.
References
Fintech Indonesia. (n.d.). Retrieved May 19, 2023, from https://fintech.id/id/member/detail/641
Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Millah, H., & Suryana, H. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA ALFAMART DI DESA KARANGBONG KECAMATAN PAJARAKAN). Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 134–142.
Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian?: Questionnaire Empathy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi. (n.d.). Flip: Transfer Without Admin - Apps on Google Play.
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 19–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43245
Putri, S. F., Putri, S. F. A., & Marlena, N. (2023). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen. FORUM EKONOMI, 23(3), 463–474. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i3.9702
Rizana, R., Putri, E., Istoningtyas, M., & Boerroek, M. R. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF ALFAGIFT’S ELECTRONIC SERVICE QUALITY BASED ON OBJECTIVES USING THE E-SERVQUAL METHOD. International Conference on Business Management and Accounting, 1(1), 376–384. https://doi.org/10.35145/ICOBIMA.V1I1.2856
Rizky, M., Amri, F. B., Rosidah, A., Styaningrum, N. P., & Fitroh, F. (2022). Usulan Perencanaan Enterprise Architecture Aplikasi Flip.id Menggunakan TOGAF ADM. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 3(1), 28–40. https://doi.org/10.36596/JCSE.V3I1.367
Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Perceived Usefulness, Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(2), 145–158.
Sahroni, F., Hasanah, M., Rijal Arifin, S., Agama Islam, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2022). Analisis Minat Menggunakan Aplikasi Flip.Id Dalam Perspektif Maqashid Syariah Dan Tinjauan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3254–3263. https://doi.org/10.29040/JIEI.V8I3.5735
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Usmadi. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798
Zein, S. Z., Yasyifa, L. Y., Ghozi, R. G., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA KUANTITATIF MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 4(2). https://doi.org/10.31980/TP.V4I1.529