Analisis Kualitas Layanan Instagram Universitas Dinamika Bangsa Sebagai Media Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode E-Servqual
Keywords:
Kulitas Layanan, E-Service Quality, Instagram, Universitas Dinamika Bangsa, Kepuasan Pengguna, AnalisisAbstract
Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota Jambi yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media informasi yang paling dominan digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan pada akun instagram Unama dalam memberikan informasi,serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengguna instagram terhadap kualitas layanan akun instagram Unama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah E-Service Quality (E-ServQual) yang bertujuan untuk mengukur kualitas layanan yang diberikan secara online. Dimensi E-ServQual yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Efficiency, Fulfillment, System Availability, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan Contact. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna Instagram dimana jumlah responden yang didapat dari penyebaran kuisioner melalui Google Form sebanyak 385 responden dan teknik analisa data ini menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas memberikan pengaruh terhadap variabel terikat.
References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Anwarudin, A., Fadlil, A., & Yudhana, A. (2022a). Analisis Kualitas Layanan Sistem Infomasi Akademik SIMAK dengan Pendekatan e-Servqual Gap. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 5(1), 85. https://doi.org/10.24853/resistor.5.1.85-96
Anwarudin, A., Fadlil, A., & Yudhana, A. (2022b). Analisis Kualitas Layanan Sistem Infomasi Akademik SIMAK dengan Pendekatan e-Servqual Gap. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 5(1), 85. https://doi.org/10.24853/resistor.5.1.85-96
GHOZALI, Imam dan LATAN, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haq, Abd., Bayuningsih, A. S., & Verry, V. (2020). Analisis Kualitas Layanan Online Public Access Catalogue Terhadap Kepuasan Pengguna. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 346–353. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1879
Hasnah, F., & Suyanto, A. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN E-SERVICE QUALITY DI INDUSTRI MOBILE BANKING (STUDI KASUS PADA BANK BCA DAN BANK MANDIRI). Jurnal Mitra Manajemen, 4(7), 1014–1024. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.419
Komharudin, K., Firman, A., & Nurapipah, D. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MELALUI METODE E-SERVQUAL UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 464–474. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i2.643
Milenisa, I., & Suhendry, W. (2022). ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION PENGGUNA APLIKASI GO-FOOD DI PONTIANAK. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.
Pratama, N. D., Abdurahim, A., & Sofyani, H. (2018a). DETERMINAN EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN PENYERAPAN ANGGARAN DI PEMERINTAH DAERAH. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 9. https://doi.org/10.22219/jrak.v8i1.23
Pratama, N. D., Abdurahim, A., & Sofyani, H. (2018b). Determinan Efektivitas Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dan Penyerapan Anggaran Di Pemerintah Daerah. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 9. https://doi.org/10.22219/jrak.v8i1.23
Putri, R. S., Astiti, S., & Amriza, R. N. S. (2022a). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan E-Commerce Jd.Id Menggunakan Metode E-Servqual. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), 1207. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3893
Putri, R. S., Astiti, S., & Amriza, R. N. S. (2022b). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan E-Commerce Jd.Id Menggunakan Metode E-Servqual. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), 1207. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3893
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. 3.
Susilowati, K. D. S., Candrawati, T., & Afandi, A. (2018). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 62–82. https://doi.org/10.31328/jim.v4i2.560