Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Bahan Kue Yen
Keywords:
Kualias Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Berwujud, Keandalan, Daya TanggapAbstract
Abstrak? Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Toko Bahan Kue Yen, Medan. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Kualitas pelayanan merupakan evaluasi konsumen terhadap kesesuaian antara tingkat pelayanan yang diterima dan harapan yang mereka miliki. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan adalah pelanggan Toko Bahan Kue Yen, Medan yang berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliablitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh penulis dengan aplikasi program SPSS versi 22, ternyata diperoleh hasil korelasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,501 yang memberikan indikasi bahwa variabel kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan terdapat hubungan yang positif dan kuat. Dari hasil R square sebesar sebesar 25,1% dan sisanya 74,9% di pengaruhi faktor lainnya. Dari perhitungan analisis regresi maka diperoleh persamaan regresi Y = 5,279 + 0,334.X. Dengan demikian dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Toko Bahan Kue Yen, Medan.
References
Antica, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ekspedisi Kargo PT Surya Samudera Logistik.
Ardhi, B. M., & Wijaksana, T. I. (2020). the Impact of Website Quality on Trust and Purchase Decision (Study on the User of Bukalapak Website in 2019) 1). E-Proceeding of Management: Vol. 7, No.1 April, 7(1), 1413–1421.
Bimaria, N. P. P. R., Kulu, M. P., & Peridawaty, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sendy’s Swalayan Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(3), 181–191. https://doi.org/10.52300/jmso.v1i3.2759
Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 1(2), 59–69.
Febriyana, D., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA DI SEMPOA SIP ASIA MEGA MAS MEDAN. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts. http://103.154.135.70/handle/123456789/7040
Haniah,Rosnita, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–8.
Irawan, I., Yuliana, Y., Arwin, A., & Jovando, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di IEC, Medan. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.411
Iv, B. A. B., Penelitian, H., & Pembahasan, D. A. N. (2018). No Title. 87–137.
Krisnawati, A., Pratiwi, V. A., & Pramayuda, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Cabang Arjawinangun. Jurnal Ekonomi Manajemen, 16(1), 35–44.
Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal Manager, 5(1), 348–358. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.553
Listanto, D. K., Chalil, C., & Santi, I. N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Membeli Di J.Co Donuts Dan Coffe Palu Grand Mall. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(3), 240–250. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i3.156
Ma, L., Luo, J., ????, Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). No ????????????????????? ?????????????????Title. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Mardian, I., & Muhammad, M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Dealer Yamaha Tugu Mas Bima. Target?: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 125–131. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.738
Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/609
Putri, P., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CHING QING VEGE HOUSE, MEDAN. ESCAF, 1(1), 1137–1142. https://semnas.univbinainsan.ac.id/index.php/escaf/article/view/140
Rani, A. A. S., & Christiana, A. (2021). Pengaruh Pengembangan Karir dan Promosi Jabatan Terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kotawaringin Timur. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2), 13–24.
Setyawati, Y., Arwin, A., Yuliana, Y., Williny, W., & Anggia, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Karibia Boutique Hotel Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 126–132. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.401
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Sunanta, A. F., & Wijaksana, T. I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Nasabah Jenius ( Studi Pada Pengguna Di Cikarang ) The Effect Of Service Quality On Consumer Loyalty To Jenius Customers ( Study On Users In Cikarang ). 10(4), 2520–2526.
Therapy, C., Gordon, V., Meditation, C., VanRullen, R., Myers, N. E., Stokes, M. G., Nobre, A. C., Helfrich, R. F., Fiebelkorn, I. C., Szczepanski, S. M., Lin, J. J., Parvizi, J., Knight, R. T., Kastner, S., Wyart, V., Myers, N. E., Summerfield, C., Wan-ye-he, L. I., Yue-de, C. H. U., … No, S. (2018). No Title?????. ??????, ? ????(?? ??????), ????????.
Widiya, A., & Kadir, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi Pada Farida Salon Di Kabupaten Kotawaringin Timur ). 1(3).
Willianson, K., Yuliana, Y., Arwin, A., Lan, W. P., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Strategi Pemasaran di Cendana Homestay Medan. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi-SANISTEK, 216–221. https://www.prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/60
Wirawan, A., & Afani, I. N. (2018). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Dan Motivasi Karyawan Pada Cv Media Kreasi Bangsa. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 242–257. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1124