Pengaruh Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian di Teko Healthy Resto, Medan
Keywords:
Customer Experience, Keputusan Pembelian, Customer loyalty, Minat Beli Ulang, ProductAbstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh customr experience terhadap keputusan pembelian di Teko Healthy Resto, Medan. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Customer experience (pengalaman pelanggan) merujuk pada semua interaksi dan persepsi pelanggan selama mereka berinteraksi dengan suatu merek atau perusahaan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh pelanggan di Teko Healthy Resto yang berjumlah 97 orang, pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebutuhan, yaitu siapa saja secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok dengan sumber data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh penulis dengan aplikasi program SPSS versi 22, ternyata diperoleh hasil korelasi sebesar 0,613 yang berarti bahwa customer experience memiliki hubungan yang kuat terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji koefisien determinasi yang dilakukan menunjukan bahwa variabel customer experience dipengaruhi oleh keputusan pembelian sebesar 37,6% dan sisanya 62,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diuji di penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara customer experience terhadap keputusan pembelian di Teko Healthy Resto, Medan.
References
Ailudin, M., & Sari, D. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pelanggan One Eighty Coffee Bandung). EProceedings of Management, 6(1).
Angkasa, W. C., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., Supriyanto, S., & Arwin, A. (2021). Iklan Media Instagram Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Xiaomi di Kota Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 55–59. http://djournals.com/arbitrase/article/view/286
Arwin, A., & Hutagalung, D. S. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sari Melati Kencana Pematangsiantar. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(1), 189–198.
Cahyani, A., Gunadi, I. M. A., & Mbulu, Y. P. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Pada Pt. Traveloka Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 25–36.
Dewi, T. U., & Nugroho, P. N. A. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Institut Francais Indonesia Di Surabaya. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis, 3(2), 30–39.
Evelyn, J., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CV OMAMA OPAPA FOOD INDUSTRY. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7046
Firmansyah, A. (2019). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jackie, J., Siahaan, R. F. B., Anggraini, D., Chandra, W., & Hutabarat, F. A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Di Teko Healthy Resto Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 167–175.
Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pegaruh Harga dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux pada Mahasiswa STIE “KBP” Padang. INA-Rxiv, 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/xz3d8 License
Jaya, C. L., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI THE WRAPPERS, MEDAN. ESCAF, 1(1), 1–7. https://semnas.univbinainsan.ac.id/index.php/escaf/article/view/205
Kampongsina, C. E., Murni, S., & Untu, V. N. (2020). Pengaruh Current ratio, Debt to equity dan Return on equity Terhadap Return Saham pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI (Periode 2015-2019). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 1029–1038. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31230
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
McLean, G., & Wilson, A. (2019). Shopping in the digital world: Examining customer engagement through augmented reality mobile applications. Computers in Human Behavior, 101, 210–224. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.07.002
Monica, T., & Widaningsih, S. (2020). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Taman Kardus Bandung). EProceedings of Applied Science, 6(1).
Morgan, B. (2020). The Customer of the Future: 10 Guiding Principles for Winning Tomorrow’s Business. HarperCollins Leadership.
Putri, P., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CHING QING VEGE HOUSE, MEDAN. ESCAF, 1(1), 1137–1142. https://semnas.univbinainsan.ac.id/index.php/escaf/article/view/140
Saputri, N. H. A. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Electronic Word of Mouth dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh customer experience terhadap kepuasan konsumen produk kuliner lokal soto mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33.
Setiawan, A., Bayu, M., & Sumantri, A. (2020). The Effect of Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), and Earning Per Share (EPS) on Stock Prices in the Mining Sector on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 Period.
Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media.
Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tanaka, F., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Suku Cadang di UD Fit Motor Medan. BISMA Cendekia, 3(1), 1–5. https://www.ojs.politeknikcendana.ac.id/index.php/bisma/article/view/82
Yessyka, & Utama, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Mini Market Teko Healthy Resto Medan. ESCAF, 1(1), 311–317.
Yultavera, T., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MANISAN SUMATERA, MEDAN. ESCAF, 1(1), 369–375. https://semnas.univbinainsan.ac.id/index.php/escaf/article/view/235
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan’s Office, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100