Perancangan Design Interface Mobile Apps Unggul Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Meyta dyarani Meyta dyarani Universitas islam negeri raden fatah palembang
  • Muhamad Son Muarie2 Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Keywords:

Globalisasi, Aplikasi Seluler, Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Antarmuka Pengguna, Design Thinking, Inovasi Desain, Efektifitas, Bantuan Sosial, Kemanusiaan.

Abstract

Dalam era globalisasi ini, perkembangan pesat dalam ilmu teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk individu, instansi pemerintah, dan lembaga sosial. Untuk menjawab tuntutan zaman ini, pengembangan aplikasi seluler yang unggul dan berfokus pada kebutuhan pengguna menjadi langkah strategis yang penting. Aplikasi seluler adalah program komputer yang dirancang khusus untuk perangkat seperti komputer, ponsel, atau tablet. Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, sebagai lembaga yang telah lama berkomitmen dalam memberikan bantuan sosial di berbagai bidang seperti Pendidikan, Kesehatan, dakwah, ekonomi, dan kemanusiaan, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas misinya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka (interface) sebuah aplikasi seluler unggul yang dapat meningkatkan kualitas pengalaman pengguna, mendorong inovasi desain, dan mendukung visi dan misi Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Metode Design Thinking digunakan dalam proses perancangan, yang terdiri dari lima tahapan, yakni empati (empathize) pennyebaran kuesioner dijawab responden 12 orang, mendefinisikan (define), ideasi (ideate), prototipe (prototype), dan uji coba (test). Hasil dari penelitian ini adalah rancangan antarmuka aplikasi seluler unggul untuk Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Harapannya, rancangan ini akan memberikan solusi inovatif yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna akhir, tetapi juga secara efektif mendukung misi lembaga dalam memberikan bantuan sosial dan kemanusiaan yang lebih baik.

Kata Kunci: Globalisasi, Aplikasi Seluler, Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Antarmuka Pengguna, Design Thinking, Inovasi Desain, Efektifitas, Bantuan Sosial, Kemanusiaan.

References

Adha, I. A., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(1), 55-70.

Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), 1-7.

Nurillah, A. (2019). Pengukuran kepuasan pengguna akhir dengan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Sistem Administrasi Fundraising (SANDRA) pada Dompet Dhuafa Republika (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas., 53(9), 1689-1699.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Ferdian, R. A. (2022). PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA FITUR INVESTASI EMAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: APLIKASI MOBILE AMARTHA).

Fridayanthie, E. W., Haryanto, H., & Tsabitah, T. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 23(2), 472897.

Permana, A. D. (2013). Pengamanan Sistem Login Aplikasi Menggunakan Protokol ID Based Diffie-Hellman Key Agreement. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Engineering, I., Sanjaya, M. W., Febriandirza, A., Industri, T., Rambutan, K., & Timur, J. (2023). PENERAPAN METODE DESIGN THINGKING TERHADAP PENINGKATAN. 7(1), 7–16.

Angelica, I., & Nas, C. (2023). Design UI/UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 22-26.

Hiariej, R., Setiyawati, N., Teknologi, F., Informasi, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Tugas Akhir Fti Uksw Menggunakan User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(Desember), 58–63.

Widiyantoro, M. F., Ridwan, T., Heryana, N., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking. JURNAL FASILKOM, 13(02), 121-131.

Widiatmoko, D. T., & Utami, B. S. (2022). Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani). AITI, 19(1), 120-136.

Putra, M. Y. N., & Huda, S. N. (2021). Literatur Review dengan Pendekatan Pengembangan Design Thinking untuk Sistem Informasi Studi Kasus SPP dan Beasiswa. AUTOMATA, 2(2).

Faressi, T. R., Dewi, R. K., & Sianturi, R. S. (2022). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 2372-2381.

Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Az-Zahra, H. M. (2019). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 3931-3938.

Fitriani, R. (2022). Perancangan dan pembangunan user interface dan user experience aplikasi beramaal dengan metode design thinking. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Published

2023-11-30