Penerapan Metode Heuristic Evaluation pada User Interface Aplikasi Himbauan Tirta Musi Palembang
Abstract
Pada Aplikasi Himbauan sangat di perlukan sebuah evaluasi tentang tampilan user interface di karenakan aplikasi ini belum pernah mendapatkan evaluasi maupun review tentang tampilan user interfacenya di harapkan dengan adanya penelitian ini dapat berpengaruh baik. Pada evaluasi user interface aplikasi himbauan ini akan menggunakan metode yang terdapat pada prinsip heuristic evaluation. Dengan metode ini kita akan mengetahui apa saja yang perlu di perbaiki dari Aplikasi himbauan tersebut. User interface yang baik memang di perlukan dalam sebuah aplikasi dengan tampilan yang baik maka sebuah aplikasi akan lebih muda di pahami oleh penggunanya. Penelitian ini akan menjadi referensi dari pengembang untuk lebih mengembangkan aplikasinya sehingga menghasilkan desain antar muka yang lebih mudah di pahami dan lebih menarik.
References
Akbar, Z., Program, H. M., Magister, S., Informasi, S., Dinamika Bangsa, S., Jendral, J. J., & Thehok -Jambi, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Pelanggan pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(2). https://doi.org/10.11591/jurnalmsi.v12i4.xxxx
Baladina, A., Aknuranda, I., & Kusyanti, A. (2018). Analisis Hasil Perbandingan Penerapan Metode Heuristic Evaluation Menggunakan Persona dan Tanpa Persona (Studi Kasus?: Situs Web Female Daily) (Vol. 2, Issue 12). http://j-ptiik.ub.ac.id
Geasela, Y. M., Ranting, P., & Fernandes Andry, J. (2018). Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation. JURNAL INFORMATIKA, 5(2).
Goenawan, S., Rahman, S., & Renny. (2022). ANALISIS USER INTERFACE PADA WEBSITE LPGO MENGGUNAKAN METODE HEURISTICS EVALUATION. 17(1), 46–57. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.joker.lpgo.mobile
Mantik, J., Dandi, M., & Atika, L. (2022). Analisis User Interface Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Terhadap Academic Management System Poltekkes Kemenkes Palembang. In Jurnal Mantik (Vol. 6, Issue 3). Online.
Nadhirah, H., Hendrakusma Wardani, N., & Brata, K. C. (2019). Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Website Dinas Pendidikan Kota Malang menggunakan Metode Heuristic Evaluation dengan Prinsip Usability G-Quality (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id
Nielsen, J., & Molich, R. (1990). HEURISTIC EVALUATION OF USER INTERFACES.
Poetra, I., & Mulyono, H. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI BERBASIS SMS. In Jurnal Manajemen Sistem Informasi (Vol. 4, Issue 2).
Putra, N. W., & Mulyono, H. (2023). Sistem Informasi Manajemen Layanan Pada PDAM Tirta Batanghari (Vol. 8, Issue 2).
Rahayu Natasia, S., Wahyu Nur Rachma, I., Imam Ma, M., Fattah Ibnu Azmi, M., & Ridha Auliya, dan. (2021). Analisis User Interface Terhadap Website Badan Pusat Statistik Kota XYZ Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. In Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology (Vol. 2, Issue 1).
Resa, R., & Wardani, K. R. N. (2022). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE BPKAD PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 88–99. http://bpkad.sumselprov.go.idwebsite
Rusvinasari, D., Setyanto, A., & Arief, M. R. (2020). Analisis User Interface pada Aplikasi Mobile Pelaporan Online Menggunakan Heuristic Evaluation. Jurnal Teknologi Informasi, 15(1), 12–20.
Sani Wijaya, I., & Sadikin, A. (2023). Pengukuran Tingkat Usability Aplikasi SIPADUKO Dengan System Usabilty Scale dan Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah MEDIA SISFO, 17(2). https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.13.2.641
Subhan1, M., & Dwi, A. (2021). Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile. JEISBI, 02(3), 30–37.
Vika Ngainul, S., Juwita, O., & Dharmawan, T. (2019). ANALISIS USER INTERFACE TERHADAP WEBSITE AKTA ONLINE BANYUWANGI MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. In Informatics Journal (Vol. 4, Issue 3)