Hubungan Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Banana Roll, Medan

Penulis

  • Dewi Sintauli Zebua Politeknik Cendana, Medan
  • Yuliana Politeknik Cendana, Medan

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Banana Roll, Medan.  Metode Pengumpulan Data menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Banana Roll. Penelitian ini akan diambil sampel 96 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas (Kolmogorof Smirnov), (Uji Multikolonearitas), (Uji Heteroskedastisitas (Uji Glejser), Regresi linear berganda, Uji F, Uji Hipotesis (Uji-t), dan Analisis Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan bantuan Software SPPS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien determinasi menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 63,9% dan sisanya 36,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak di uji dalam metode penelitian ini.

 

Referensi

Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi 2). Universitas Airlangga Press.

Chandra, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Cahaya Tiga Samudera, Medan. KORIS: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Industri, 1(01), 1–6.

Christono, A., & Chairiah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics & Business UniSadhuGuna Business School, 8(1), 1–17.

Diamontina, A. (2023). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 469–475.

Diamontina, A., Yuliana, Y., & Susanto, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online(studi kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021). JEMBATAN?: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 37–43. https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/23

Elvina, A., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., Ivone, I., & Ciamas, E. S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembeli (Di Platform E-Commerce Shopee Dan Tokopedia). Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(1), 12–16. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i1.1021

Evelin, K., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kakiku Cemara Asri. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SANISTEK) 2023, September, 43–48. https://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/322

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Haq, I. N. (2018). Determination of Price and Customer Satisfaction. Journal of Economicate Studies, 1(2), 97–108. https://doi.org/10.32506/joes.v1i2.179

Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/609

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.

Perkasa, D. H., Suhendar, I. A., Randyantini, V., & M, E. A. (2020). Authentic Happiness As a Mediator of Learning Organization. DIJEMSS?: Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(1), 112–124. https://doi.org/10.31933/DIJMS

Rachman, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Lakeisha.

Rusmita, F. N., Sulton, M., & Arifien, M. S. (2019). Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. JNE Cabang Lamongan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Sanjaya, F., Arwin, A., & Sutarno, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bahan Kue Yen. JEMBATAN: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 17–24. https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/17

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPP Versi 17. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitan Kantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (20th ed.). ALFABETA.

Sujarweni, V. W. (Ed.). (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi (PUSTAKABAR).

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Widyantara, F. R., Sudjiono, S., & Arifin, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Kusta Kediri. JIMEK?: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 225. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.312

Diterbitkan

2025-07-31